Kenapa Interview Hanya Sebentar Saja

Posted by | January 7, 2019 | Artikel dan Tips Dunia Kerja

Kenapa interview hanya sebentar saja, sedangkan dia lama sekali interviewnya? Ketika kita sedang mengantri untuk giliran interview dengan HRD, pasti anda sedang memperkirakan pengaruh lamanya proses interview dengan diterimanya seseorang untuk bekerja.

Lalu kenapa ada orang interview hanya sebentar dan ada juga yang lama? Dalam proses interview ada banyak hal yang perlu digali oleh pihak HRD. Interview juga merupakan proses untuk mengkonfirmasi apa yang anda tulis di dalam surat lamaran kerja. Jadi sebelum anda mempersiapkan diri untuk interview, lebih baik persiapkan lamaran kerja sebelumnya dengan benar.

Baca Juga: Contoh Lamaran Pekerjaan Sederhana

Kami akan jabarkan kepada anda apa saja kemungkinan yang terjadi saat proses interview, dilihat dari lama atau sebentar prosesnya.

1. Perkenalan Diri yang Singkat
Kesalahan bagi anda saat interview biasa terjadi ketika anda diminta untuk memperkenalkan diri. Beberapa orang hanya berbicara seadanya, dan terkesan tidak antusias. Padahal proses tersebut adalah kesempatan anda untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman anda secara detail. Meyakinkan HRD bahwa anda merupakan orang yang tepat. Jadi, berceritalah yang detail bagaimana latar belakang anda, pengalaman anda, dan apa saja yang anda lakukan.

2. Jawaban Anda Telalu Singkat
Ketika anda ditanya mengenai sebuah permasalahan atau tentang pekerjaan anda sebelumnya, jawaban yang anda berikan tidak menarik, terlalu singkat dan terkesan pasif.

3. Tidak Terlihat Aktif
Ada sebagian pelamar ketika interview hanya menunggu pertanyaan keluar dari HRD, padahal seharusnya anda yang harus lebih banyak berbicara, lebih banyak menceritakan pengalaman dan latar belakang anda, bukan menunggu pertanyaan selanjutnya. Fokuslah pada jawaban yang lengkap.

4. Sikap Tidak Patut
Jika anda dalam sebuah proses interview, lebih baik duduklah dengan sikap yang tegak (bukan kaku), tidak condong ke depan, tidak memutar mutar kursi, menggerakkan kaki, dll. Sikap anda waktu interview, menentukan lama atau tidaknya HRD merasa nyaman saat interview dengan anda.

Baca Juga: Kenapa Lamaran Kerja Tidak Pernah Dipanggil

5. Waktu yang Terbatas
Jika HRD pada saat itu memiliki waktu yang terbatas dan ada kesibukan lain setelah proses interview, maka hal yang mungkin terjadi adalah HRD akan melakukan proses interview dengan cepat. Apalagi jika ternyata, banyak pelamar yang bergiliran untuk mengantri.

6. Kualifikasi Tidak Sesuai
Hal yang terakhir dan tidak bisa dihindari, kenapa interview hanya sebentar? Karena kualifikasi anda masih belum sesuai dengan kriteria perusahaan. Oleh karena itu penting untuk melihat dulu, apa kriteria yang dibutuhkan perusahaan, cocokkan dengan kompetensi anda. Jika hal tersebut tidak sesuai, maka bisa saja HRD tidak perlu waktu lama untuk interview.

Jadi, proses interview bisa lama atau sebentar banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Jangan berkecil hati karena mencari pekerjaan ibarat mencari jodoh. Bisa saja perusahaan cocok dengan anda, tetapi anda yang merasa tidak cocok dengan perusahaan tersebut.

252 total views, 2 today