Cara Melamar Kerja di Job Fair

Posted by | January 8, 2019 | Artikel dan Tips Dunia Kerja

Job Fair biasa digunakan oleh perusahaan untuk mengisi lowongan kerja sebanyak mungkin. Kesempatan itu digunakan karena akan ada banyak pelamar kerja yang datang. Mulai dari perusahaan besar sampai perusahaan berkembang akan ikut. Satu perusahaan biasanya membuka 5 – 10 lowongan kerja.

Bukan hanya perusahaan yang akan ikut, tetapi pesaing pesaing anda juga akan datang untuk melamar kerja. Sebaiknya anda perlu mengetahui bagaimana cara melamar kerja di job fair? Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar tidak sia-sia anda mengikuti job fair.

Beberapa tips bagaimana cara melamar kerja di job fair?

Persiapkan cv dan lamaran
Anda tidak akan tahu, apakah lowongan pekerjaan yang tersedia akan ada berapa banyak, oleh karna itu persiapakan lamaran, cv dan berkas pendukung lainnya dalam satu bendel. Siapkan sekitar 10 bendel lamaran pekerjaan. Kosongi saja nama perusahaan dan posisi yang akan dilamar, isi bagian kosong tersebut saat akan menaruh lamaran di meja perusahaan.

Baca Juga: contoh lamaran pekerjaan sederhana

Pakai pakaian yang sopan
Gunakan pakaian yang sopan, jika di jobfair tersebut tidak menyertakan dress code, maka anda diperbolehkan dating secara casual, tetapi jangan memakai bahan kaos. Hal tersebut berguna jika ternyata perusahaan yang anda lamar, langsung melakukan proses interview saat job fair berlangsung.

Selektif memilih lowongan
Jangan membabi buta, ketika anda sudah berada di dalam acara job fair, seleksi setiap lowongan yang ditawarkan. Pilihlah lowongan yang memang sesuai dengan kriterika yang dibutuhkan. Misalnya latar pendidikan, minimal pengalaman, usia dll. Jika anda merasa tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, sebaikanya pilihlah lowongan kerja lainnya. Ketidaksesuaian antara kriteria dgn diri anda, hanya akan membuat sia-sia lamaran kerja yang anda masukkan.

Baca Juga: Kenapa Lamaran Kerja Tidak Pernah Dipanggil

Jangan datang menjelang akhir
Jika anda memutuskan untuk mengikuti acara jobfair, usahakan jangan dating pada saat siang menjelang sore, karena beberapa perusahaan terkadang sudah tidak berada di tempat, atau lowongan tersebut sudah penuh oleh berkas lamaran. Datanglah tepat sesuai jam yang ditentukan, agar anda mempunyai waktu yang cukup untuk berkeliling, antri mengisi form, dan menulis beberapa posisi.

Latar belakang perusahaan
Anda perlu mengetahui atau mencari tahu, perusahaan apakah yang anda akan lamar. Apakah perusahaan yang kredibel atau tidak. Hal tersebut penting karena terkadang beberapa perusahaan yang mempunyai track record kurang baik, juga mengikuti job fair.

Catatlah setiap perusahaan yang anda lamar
Anda perlu melakukan itu karena anda juga perlu untuk mengetahui seberapa efektif mengikuti job fair. Sebagai pembelajaran apakah job fair itu efektif atau tidak. Terkadang perusahaan ada yang langsung memproses lamaran, tetapi ada juga yang lama memprosesnya.

Jika anda sudah memahami cara melamar kerja di job fair, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat contoh lamaran pekerjaan sederhana. CV yang tepat akan kami bagikan secara gratis melalui link tersebut. Karena pengalaman kami di HRD, ada banyak kesalahan penulisan tentang pengalaman kerja di dalam cv.

275 total views, 2 today