Bagaimana Cara Bekerja di Korea Selatan

Posted by | January 9, 2019 | Artikel dan Tips Dunia Kerja

Korea selatan bukan hanya negera yang terkenal dengan K-POP nya, tetapi juga merupakan salah negara maju di dunia, sudah banyak orang Indonesia yang bekerja di Korea Selatan. Kisah sukses dari para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sana bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang di tanah air untuk pergi bekerja.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara bekerja di korea selatan, maka kami akan memberikan informasi tahap-tahap untuk bekerja di korea selatan. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui:

Ujian EPS Topik
Ujian tersebut merupakan syarat anda bisa berangkat bekerja ke Korea Selatan, ujian tersebut diadakan satu kali dalam setahun, dan diadakan oleh BNP2TKI. Jika anda lulus, akan mendapatkan sertifikat ujian EPS Topik.

Kursus Bahasa Korea
Sebelum mengikuti ujian EPS Topik, sebaiknya anda kursus lebih dahulu tentang bahasa korea, ada lembaga kursus bahasa korea yang bisa dicari di kota anda.

Baca Juga: Kenapa Lamaran Kerja Tidak Pernah Dipanggil

Selalu Kunjungi Website BPNP2TKI
Anda harus rajin mengecek di situs BNP2TKI.co.id yang merupakan website resmi dari pemerintah, nanti disana anda akan menemukan informasi kapan jadwal tes bahasa korea, karena satu tahun sekali jadi jangan sampai anda terlewat.

Persyaratan Lainnya
Pada saat tes berlangsung, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi, yaitu usia minimal 18 -39 tahun dan minimal pendidikan SMP sederajat.

Jika dinyatakan lulus maka tahap selanjutnya adalah pendaftaran online di situs BNP2TKI dengan mengirimkan berkas-berkas seperti scan KTP yang masih berlaku, passport yang masih berlaku minimal 1 tahun, sertifikat kelulusan bahasa korea, medical check up, surat ijin keluarga, kartu kuning.

Setelah pengiriman dokumen, berkas anda akan diseleksi valid atau tidak. BPNP2TKI kemudian akan mengirimkan berkas anda ke daftar pencari kerja di korea selatan. Jika dari pihak perusahaan korea selatan menerima aplikasi anda. Maka akan dikirimkan SLC (standart labour contract), SLC atau kontrak kerja tersebut tidak bisa dipastikan apakah cepat atau lama, sehingga anda harus sabar menunggu dan terus mengecek situs BPN2TKI.

Baca Juga: Kenapa Interview Hanya Sebentar Saja

Jika sudah ada kiriman SLC tersebut, maka anda akan diundang untuk mengikuti tahap Preliminary Training di Jakarta selama 6 hari. Kegiatannya meliputi kelengkapan dokumen, pengurusan tiket, visa, medical check up lagi, belajar bahasa korea lagi.

Setelah training anda diperbolehkan pulang dan menunggu jadwal pemberangkatan sesuai tiket, biasanya jarak antara preliminary training dan pemberangkatan sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Proses pemberangkatan akan dilakukan bersama-sama dengan peserta yang lainnya. Jadi anda tidak perlu kawatir karena tidak berangkat sendiri.

Sesampai di korea, anda masih akan tetap menjalani pelatihan bahasa korea, pengenalan budaya korea, keselamatan kerja di KBRI kurang lebih sekitar 3 hari. Disana juga akan medical check up lagi, jadi pastikan kesehatan anda benar-benar fit. Jika tidak fit, walaupun anda sudah sampai di Korea Selatan, anda tetap akan dipulangkan ke Indonesia. Jadi jagalah kesehatan anda selama proses ini berlangsung. Setelah itu akan dijemput oleh pihak perusahaan untuk mulai bekerja di Korea Selatan.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Job Fair

Apakah sudah jelas bagaimana cara bekerja di korea selatan? Korea Selatan memang memberikan kesempatan lebih baik untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Tetapi perlu diingat bahwa pengeluaran untuk biaya hidup juga perlu dipertimbangkan, karena biaya hidup di korea selatan juga besar. Jika anda pandai mengatur pengeluaran, anda masih bisa menyisihkan uang untuk ditabung.

247 total views, 1 today