Tanda Interview Kita Diterima

Posted by | January 11, 2019 | Artikel dan Tips Dunia Kerja

Setiap tahapan proses seleksi biasanya juga akan menentukan siapa yang lanjut dan siapa yang gugur. Bahkan, pada saat kita mengirimkan cv atau lamaran kerja, sebenarnya proses seleksi sudah dimulai, karena dari sana pihak HRD akan menentukan apakah kita layak lanjut ke tahap proses interview atau tidak.

Jadi sebelum kita membaca mengenai interview ini, lebih baik kita juga membaca bagaimana membuat lamaran kerja yang tepat. Salah dalam menyusun setiap deskripsi di lamaran kerja, bisa membuat kita tidak akan pernah dipanggil.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana

Jika kita dipanggil untuk melanjutkan ke proses interview, gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Persiapan yang matang perlu anda lakukan, mulai dari kelengkapan atau kekurangan berkas, form aplikasi, dan juga cara berpakaian.

Setelah proses interview berlangsung, biasanya kita selalu bertanya, apakah interview kita diterima, apakah kita lanjut ke tahap berikutnya? Jadi, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja tanda tanda interview kita diterima oleh perusahaan, sampai lanjut untuk proses diterima bekerja..

Tanda pertama: Durasi Waktu
Jika kita mengantri untuk proses interview, lihatlah durasi interview setiap orang yang hadir, walaupun ini tidak bisa menjadi patokan utama, tetapi bisa menjadi salah satu tanda kita diterima atau tidak. Durasi yang pendek dibandingkan peserta lain, tentu ada kemungkinan tidak bisa lanjut. Oleh karena itu, kita harus pandai untuk menghadapi proses interview dengan baik, agar perusahaan tidak langsung menilai anda secara singkat.

Baca juga: Kenapa Interview Hanya Sebentar Saja

Tanda kedua: Tunggu maksimal satu minggu
Beberapa perusahaan tentu tidak akan menginformasikan secara langsung bahwa anda tidak sesuai dengan kriteria, salah satu cara yang biaya digunakan adalah menginformasikan kepada kandidat untuk menunggu maksimal satu minggu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan waktu satu minggu untuk menilai hasil interview anda. Dan biasanya, jika kita sesuai dengan kualifikasi, hanya berselang 2-3 hari, kita akan dihubungi kembali. Jadi tunggu sekitar 2-3 hari. Jika anda dihubungi setelah satu minggu, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut memang lama dalam proses seleksi.

Tanda ketiga: Ditolak di depan
Jika beberapa perusahaan menolak secara samar-samar, ada beberapa perusahaan yang kadang mengatakan, “untuk posisi ini nanti, akan lebih ke arah bla…bla..bla… ini kan berbeda dengan pengalaman anda sebelumnya”, “Anda yakin bisa untuk posisi ini?”, atau “sebenarnya yang kita cari nanti adalah orang yang bisa bla..bla…bla…”. Tetapi tenang, anda masih bisa memberikan argument yang tepat, bagaimana cara kita untuk bisa meyakinkan perusahaan bahwa kita orang yang tepat.

Baca Juga: Tanda Tanda Pasti Diterima Kerja

Tanda Keempat: Menilai jawaban diri sendiri
Hal yang terakhir adalah kita harus bisa menilai, apakah jawaban yang kita berikan sudah sesuai. Yang artinya jawaban yang kita berikan memberikan nilai positif pada diri kita, bukan memberikan nilai negatif atas diri kita di mata perusahaan. Terkadang ada jawaban yang nilainya kurang bagus. Jika ditanya, “kenapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya?”, jawaban anda ”karena jam kerja di kantor lama bisa sampai 12 jam”, walaupun itu bisa dimaklumi, tetapi hal tersebut bisa menjadi boomerang, jika ternyata perusahaan yang anda lamar ternyata sering mengadakan lembur. Jadi tambahkan, jika anda bersedia dan tidak keberatan bekerja lebih dari 8 jam, asal ada perhitungan lembur.

Setelah anda mengetahui tanda tanda interview kita diterima, jadi lebih baik kita melamar dibanyak perusahaan, dan jangan menggantungkan untuk satu perusahaan saja dalam proses interview atau seleksi.

923 total views, 1 today