Tanda Tanda Pasti Diterima Kerja

Posted by | January 15, 2019 | Artikel dan Tips Dunia Kerja

Beberapa orang ada yang merasa yakin bisa diterima bekerja, dan sebagian lainnya ragu-ragu diterima atau tidak. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang anda mimpikan, atau posisi yang sejak lama anda inginkan. Pertanyaannya selalu mengenai apakah saya diterima kerja? Anda pasti pernah juga mengalami hal tersebut.

Lalu bagaimana tanda tanda pasti diterima kerja? Sudah banyak tahap yang anda lalui, mulai dari tahap mengirimkan lamaran, psikotes, interview sampai beberapa kali, medical check up, dan lain-lain. Sudah merasa yakin bentul, tetapi ternyata nasib berkata lain. Apa dan mengapa anda bisa gagal, padahal sebelumnya merasa yakin bisa diterima kerja.

Berikut kami akan mengulas tentang tanda tanda pasti diterima kerja. Bisa menjadi patokan anda dalam mengikuti proses seleksi di perusahaan atau posisi impian anda.

Tanda pertama: Menerima undangan interview
Tahukah anda, dari sebagian banyak lamaran kerja yang masuk, perusahaan pasti akan melakukan sortir berdasarkan kualifikasi yang mereka butuhkan. Jika anda termasuk orang yang diundang untuk interview/psikotes setelah menaruh berkas lamaran, maka di atas kertas, sebetulnya anda merupakan orang yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Sekarang tinggal bagaimana anda bisa lulus interview/psikotes.

Baca Juga: Kenapa Lamaran Kerja Tidak Pernah Dipanggil

Tanda kedua: Lancar mengerjakan Psikotes
Jika di perusahaan tersebut mengadakan psikotes atau tes tulis lainnya, pastikan anda bisa mengerjakan dengan baik. Jika anda merasa ragu, maka sudah pasti harapan untuk lanjut ke tahap berikutnya juga semakin tipis. Kepercayaan diri itu penting, yang menunjukkan bahwa anda bisa mengerjakan dengan benar. Oleh sebab itu, tanyakan kembali pada diri anda, apakah anda yakin saat mengerjakan?

Tanda ketiga: Interview berjalan lancar
Tanda ke dua yaitu, pada saat anda menjalani proses interview, lihatlah durasi waktunya, jika terlalu singkat, maka bisa dipastikan anda gagal dalam proses tersebut. Pastikan setiap jawaban yang anda utarakan bisa menjawab dengan baik maksud dari pertanyaan tersebut. Jika orang yang menginterview anda merasa senang di akhir proses interview, itu bisa menjadi tanda tanda pasti diterima kerja.

Baca Juga: Kenapa Interview Hanya Sebentar Saja

Tanda keempat: Proses seleksi tidak menunggu waktu lama
Tanda berikutnya adalah proses seleksi tidak memakan waktu lama. Jika anda dijanjikan 1 minggu untuk dihubungi, maka biasanya sebelu 1 minggu atau bahkan keesokan harinya anda sudah menerima kabar masuk ke tahap berikutnya. Artinya, perusahaan memang sedang membutuhkan posisi tersebut segera untuk diisi dan anda menjadi salah satu kandidatnya. Jika ada sudah lama menunggu, maka sebaiknya fokus pada loker yang lainnya. Jangan terlalu bergantu pada satu loker saja, karena jika belum jodoh, masih ada kesempatan lainnya.

Tanda kelima: Masuk proses offering dan Kontrak Kerja
Jika anda memasuki tahap ini, berarrti itu merupakan tanda anda diterima kerja 90 %. Kenapa bukan 100%? Karena dalam kontrak kerja, anda diberikan pilihan, menerima nilai kotrak yang diberikan perusahaan atau anda bisa juga menolaknya. Mencari pekerjaan itu ibarat mencari jodoh, bisa saja dari sisi perusahaan cocok dengan dengan anda, tetapi sebaliknya, anda tidak cocok dengan yang ditawarkan perusahaan.

Baca Juga: Tanda Interview Kita Diterima

Jadi dari tanda tanda tersebut, anda sudah tahun apakah diterima kerja atau tidak. Lebih baik jangan mengandalkan satu perusahaan saja untuk melamar kerja, dan catatlah setiap perusahaan yang anda lamar. Jangan sampai ketika mendapatkan undangan interview, anda tidak tahu dari mana anda melamar dan perusahaan apa yang anda lamar. Sekian dari kami mengenai tanda tanda pasti diterima kerja.

415 total views, 3 today